CONTOH PERMASALAHAN SOSIAL DIINDONESIA YANG TERJADI KARENA BEBERAPA ASPEK , KENAPA BISA TERJADI DAN APA SOLUSINYA?

Permasalahan sosial di Indonesia sudah seperti hal yang biasa, karena banyak sekali permasalahan sosial yang berada di lingkungan sekitar kita di antaranya :

1.Kenakalan Remaja

   Semua orang pasti pernah mengalami masa remaja, dan diusia remaja ini kebanyakan memiliki emosi yang belum bisa dikontrol sehingga mengakibatkan remaja di lingkungan sekitar kita banyak yang salah pergaulan yang berakibat fatal contohnya seperti tawuran, mabuk, melakukan tindakan kriminal,dll. Menurut saya ini terjadi akibat salah nya pergaulan si remaja, dan kurangnya peran kedua orang tua untuk mengontrol anak anaknya dalam bergaul, seharusnya para orangtua harus lebih bisa mengontrol kegiatan - kegiatan anak nya sehingga bisa meminimalisir kenakalan remaja di lingkungan sekitar kita.

2.Kemiskinan

   Kemiskinan merupakan fenomena yang terjadi hampir di seluruh negara berkembang salah satunya di Indonesia. Kemiskinan muncul karena ketidakmampuan sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari, kondisi ini menyebabkan menurunnya kualitas sumber daya manusia sehingga produktivitas dan pendapatan yang diperolehnya rendah. Menurut saya kemiskinan ini terjadi karena dua aspek, yaitu dari aspek luar(bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah) dan aspek dalam(manusia nya sendiri), untuk aspek luar, pemerintah dan pejabat pusat maupun daerah harus lebih memperhatikan keadaan masyarakat bawah dengan program - program yang dijanjikan saat waktu kampanye dulu. Apalagi saat situasi dan kondisi pandemi saat ini dimana banyak buruh yang di PHK dan akhirnya nganggur dan banyak UMKM yang rugi bahkan tutup karena sepinya pembeli dan tidak balik modal. Dan untuk aspek dalam, si manusianya itu sendiri harus tetap semangat, tetap berusaha dan berdoa karena tidak ada yang tidak mungkin didunia ini.

3.Berita Hoax

  Perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang lebih canggih tentunya sangat berdampak baik bagi kehidupan manusia, disamping itu ada juga dampak negatifnya seperti berita hoax. Menurut saya biasanya berita hoax terjadi sangat banyak di area politik,dan bermunculan disaat dekat - dekat pemilu atau pilkada, dimana masing - masing kubu pendukung saling menyerang dengan secara tidak langsung melalui media - media di Indonesia. Untuk mencegah berita hoax, kita harus pintar mencari platform informasi yang akurat dan terkenal, apabila kita menerima informasi dari platform yang kita tidak tahu dan jarang diketahui orang sebaiknya kita jangan menyebar dulu berita tersebut dan alangkah baiknya kita mencari tahu di platform lain yang sudah terkenal keakuratannya. Berita hoax ini terjadi karena kurangnya kita membaca.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR ORGANISASI PT PAL INDONESIA (PERSERO)

HAK HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA