MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

MENGANALISIS ITIL DAN ITSM PADA PERUSAHAAN GOJEK




 
   
1. SERVICE STRATEGY




       Dalam hal menarik konsumen, Gojek melakukan berbagai macam strategy, yaitu menentukan tarif, penentuan tarif sangat penting dalam proses pemasaran dan juga penentuan harga tarif yang pas bisa memberikan presepsi konsumen dalam hal kualitas.Dalam hal ini Gojek menetapkan tarif yang cukup murah sehingga konsumen yang bisa memakai jasa ojek beralih ke Gojek

        Strategi lainnya selain penetapan harga Gojek juga memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, Gojek mempromosikan jasanya melalui sosial media seperti Instagram, Twitter, dan pihak Gojek juga memanfaatkan artis sebagai brand ambassadornya.


2. SERVICE DESIGN


       Pada tahap Service Design, pelayanan dan pemrosesan di rancang dan di lakukan untuk memiliki manajemen layanan yang lebih baik. Hanya dengan satu aplikasi Gojek kita bisa menggunakan beberapa fitur atau fasilitas  yang disediakan, seperti Go-Food, Go-Car, Go-Mart, Go-Ride, Go-Send dan lain lain. Untuk metode pembayarannya Gojek juga menyediakan beberapa metode pembayaran yaitu ada cash dan ada juga pembayaran melalui GoPay kalau kita tidak memiliki uang cash.


3. SERVICE TRANSITION



        Gojek juga ikut berkembang mengikuti arus perkembangan dan peradaban teknologi, dan perkembangan teknologi informasi. Pada saat awal Gojek didirikan, Gojek hanya menyediakan layanan ojek online, pemesanan makanan online, dan pengiriman paket. Namun dengan seiring berjalannya waktu perusahaan gojek merembet ke beberapa sektor. Gojek gak cuma mau memudahkan masyarakat dengan jasa transportasinya, tapi juga mau memudahkan dalam berbagai hal seperti : Pelayanan bersih-bersih rumah, pelayanan message, pembelian tiket bioskop, bahkan pembelian pulsa pun tersedia di aplikasi Gojek.


4. SERVICE OPERATION

        
       Layanan harian terhadap kebutuhan Gojek, Contoh Kebutuhan Gojek setiap hari nya:

  1. Peralatan : motor, helm, jaket, hp, internet

  2. Layanan jaringan : kuota internet atau menggunakan wifi

  3. Aplikasi :untuk membuat akun Gojek butuh email/nomor yang aktif


5. CONTINURAL SERVICE IMPROVEMENT
      
        Dalam Perkembangannya,penyimpanan konsumen tidak hanya menjadi pacuan dari keberhasilan pemasaran suatu produk, akan tetapi menjadi dasar untuk konsumen dalam merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain. Dan Konsumen juga berperan penting untukk mewakilkan image dari suatu produk atau layanan,produk atau jasa. persaingan semakin ketat dan ingin mempertahankan eksistensi perusahaan menjadi salah satu hal untuk meningkatkan kualitas jasa.

         Meningkatkan kualitas produk/jasa adalah dengan mengidentifikasi determinan utama kualitas dari produk / jasa itu sendiri merupakan salah satu factor yang harus diperhatikan.sehingga peruahaan melakukan riset untuk mengidentifikasi produk/jasa mana yang lebih dominan.

REFERENSI :

https://www.academia.edu/30194878/Sejarah_Berdirinya_Gojek https://gelegakzaki.wordpress.com/2016/10/17/pt-go-jek-visi-misi-struktur-organisasi-dan-sop/ https://www.kompasiana.com/kapitaselektakomunikasi/566476486323bd3105620e65/strategi-gojek-dalam-memengaruhi-konsumen https://gelegakzaki.wordpress.com/2016/11/27/diagram-dan-analisa-baimana-go-jek-berjalan/ https://id.wikipedia.org/wiki/GO-JEK
https://naufalnurihsanmlsi.blogspot.com/2019/03/analisa-teknologiinfrastruktur.html
         


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR ORGANISASI PT PAL INDONESIA (PERSERO)

HAK HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA